Xiaomi Restar Terus menerus? Ini Penyebab dan Cara mengatisnya

bootloop stuck logo
bbspec.blogspot.com - Handphone Xiaomi yang sedang kalian pakai sering restart sendiri? Kejadian tersebut memang menjengkelkan dan itu merupakan salah satu masalah umum yang sering terjadi pada para pengguna handphone smartphone merk asal China ini.

Dampak jika handphone xiaomi restar terus menerus dan tidak segera diperbaiki secepatnya maka hp akan berubah suhunya menjadi cepat panas, dan baterai menjadi mudah lowbat.

Tentunya hal ini bakal sangat mengganggu produktivitasmu kan? Biasanya, ada beberapa penyebab HP Xiaomi restart sendiri. Simak sampai habis ya sob!

Berikut ini beberapa penyebab ponsel Xiaomi sering restart sendiri:

1. Memori Penuh, Terlalu banyak data seperti apliaksi, foto, video dan lainnya yang tersimpan di handphone maka pindahkan data ke memory external

2. File Sampah atau data cache, yang menumpuk juga jadi salah satu alasan HP Xiaomi sering mati sendiri, heng. Cache atau file sampah ini bakal memperlambat kinerja RAM, CPU, dan GPU.

3. Terlalu Panas (overheat), penyebab overheat salah satunya memainkan HP terlalu lama sehingga hp menjadi panas. pemicu utama yang menyebabkan hp terlalu panas terjadi ketika bermain game online terus menerus atau pun membuka aplikasi Maps terus menerus yang membuat kinerja chipset jadi begitu berat.

Maka dari itu, jika sudah terlalu panas biarkan dulu HP Xiaomi sampai cukup dingin. Barulah nyalakan atau gunakan lagi.

4. Kerusakan pada Komponen Xiaomi

Adanya kerusakan pada komponen hardware Hp Xiaomi juga jadi bagian penyebab Android sering restart atau mati sendiri. baik karena Hp Xiaomi jatuh, baterai cepat habis atau Hp habis terkena air bisa membuat komponen Xiaomi bermasalah.

Selain itu, mungkin faktor usia Hp Xiaomi kalian yang sudah lama bisa menjadi salah satu faktor kerusakan komponen pada Xiaomi yang sering mati mendadak.

5. Kerusakan File Sistem atau MIUI ROM

kerusakan file sistem atau MIUI ROM bisa menjadi faktor utama terjadinya Xiaomi restart terus menerus. Sebab terjadinya kerusakan file sistem bisa karena terlalu sering mengubah sistem MIUI RM, ataupun karena Hp Xiaomi terkena virus.

HP bakal nyangkut alias file sistem error dan tidak bisa masuk ke sistem. Jika sudah begitu, dipastikan file sistem kamu sudah rusak.

6. Banyak Aplikasi yang Berjalan Bersamaan di Latar Belakang

Terakhir, seringkali kalian tidak sadar kalau ada banyak banget aplikasi yang berjalan bersamaan di latar belakang. Jika sudah begitu, maka akan memakan jumlah RAM yang berlebihan. dan Smartphone Xiaomi akan makin lambat, karena akan membuat daya kerja sistem menjadi tidak efektif.

Maka dari itu, silakan keluarkan aplikasi yang kiranya sudah tidak digunakan, tujuanya agar Smartphone Xiaomi tidak jadi lelet atau lemot sebelum Hp Xiaomi tersebut mati secara sendirinya.

Solusi Cara Atasi Xiaomi Restart Terus Menerus :

Jika sudah tahu apa penyebabnya, sekarang saatnya mengatasi Xiaomi restart terus menerus. Kalian dapat melakukan cara Wipe atau Reset Xiaomi. Namun dengan menggunakan cara ini akan beresiko kehilangan data di handphone /memori internal. Oleh karena itu sebaiknya Sobat melakukan backup dulu data pentingnya jika masih bisa masuk menu system.

Berikut cara Wipe atau Reset Hp Xiaomi:

Matikan Hp Xiaomi Sobat terlebih dahulu (Tahan tombol power dan volume atas / cabut baterai)

Setelah itu masuk mode recovery dengan cara tekan dan tahan tombol Power dan Volume atas secara bersamaan hingga masuk kedalam tampilan menu Recovery ModeLepaskan tombol tersebut setelah muncul logo Android. 

Wipe atau Reset Hp Xiaomi model lama
Wipe atau Reset Hp Xiaomi model lama


Wipe atau Reset Hp Xiaomi model baru
Wipe atau Reset Hp Xiaomi model baru

Sebelum lanjut, silakan Sobat Ubah dulu bahasa menjadi bahasa English bila belum bahasa inggris, tujuanya agar lebih mudah dipahami. Cara memindahnya dengan klik tombol vol up dan down untuk ok klik tombol power

Selanjutnya silakan kalian kembali ke mode recovery dan masuk ke Menu Wipe & Reset.

Setelah masuk, nanti akan terdapat beberapa pilihan Wipe. Silakan kalian pilih satu persatu perintah tersebut, bisa dari atas. Setelah memilih satu perintah, lalu klik Back to Mainmenu.

Pada Mainmenu silakan Sobat pilih Reboot di ikuti Reboot to System untuk menghidupkan Hp secara normal kembali.

tunggu hingga masuk ke menu, Sekarang kalian lihat hasilnya, apabila belum berhasil bisa ulangi langkah diatas dengan memilih perintah opsi wipe yang berbeda.

xiaomi wipe data dan cache
xiaomi wipe data dan cache

Perbedaan opsi Wipe Cache, Wipe User Data, dan Wipe All Data:

  • Wipe Cache: Berfungsi untuk menghapus file cache yang ada di Hp Xiaomi.
  • Wipe User Data: Berfungsi untuk menghapus data pengguna Android.
  • Wipe all Data: Berfungsi untuk menghapus semua data yang ada di Android termasuk data aplikasi atau Factory Reset.

Akhir Kata

Demikianlah artikel bbspec kali ini tentang Cara Atasi Hp Xiaomi Restart Terus dan Penyebabnya. Silakan Sobat coba cara diatas dari step-ke-step, dan apabila Sobat masih bingung dengan senang hati bisa tanyakan dikolom komentar.

bbspec sarankan jika kamyu memang takut menyebabkan kerusakan yang lebih besar pada HP Xiaomi kamyu, lebih baik langsung bawa ke teknisi terdekat. Dengan begitu bakalan lebih aman. Selamat mencoba kawan! semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan kalian.

BACA JUGA : Cara hapus Mi Cloud dan Fix Sensor Xiaomi

Baca Juga

Comments

Popular posts from this blog

AUTOLOADER BLACKBERRY OS 10 (FIRMWARE BB Z10, Z3, Q10, Q5)

Cara Aktifkan Whatsapp di Blackberry Os10 (BB Z10, Z3 and Z30)

CARA FLASHING BLACKBERRY OS 10 - 100% BERHASIL

CARA MUDAH INSTAL PLAY STORE DI BLACKBERRY OS10

CARA ATASI LUPA PASSWORD LAYAR KUNCI PADA BLACKBERRY

ATASI SINYAL BLACKBERRY HILANG, LEMAH, MAUPUN SOS

ATASI LAMPU HIJAU BLACKBERRY NYALA TRUS