Mudah Mengatasi Recovery mode pada Hp Oppo (stuck)

Kembali lagi, bersama Bbspec.blogspot.com yang akan membahas tentang Cara mengatasi stuck Recovery Mode pada Handphone OPPO, Mode recovery ini memungkinkan Kalian untuk mengakses file sistem yang ada di dalam HP OPPO Kalian, Tetapi jika disisi lain justru HP OPPO masuk ke recovery mode terus tanpa di minta. Pada saat di nyalakan, ponsel tidak bisa masuk ke halaman utama. Cara mengatasi ini perlu cara khusus.

Ini merupakan kondisi tidak normal karena seharunya ketika hp menyala secara otomatis akan masuk ke berada menu. Dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengatasi Handphone OPPO yang masuk recovery mode terus tanpa di minta.

Sebelum ke inti permasalahan kita harus tahu apa sajah Penyebab Oppo stuck/ Masuk recovery mode. Hal ini Banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan HP OPPO tidak bisa masuk ke menu utama, Hanya mentok di Halaman Recovery Mode.



Ada dua faktor yang menyebabkan HP mentok halaman recovery mode. Yang pertama kerusakan pada hardware dan bisa juga Software.

Hardware adalah sebutan seluruh komponen perangkat keras(yang ada bentuk fisiknya) pada semua ponsel. Seperti Kesing, layar ,baterai, kamera, speaker dan hingga komponen kecil yang ada di dalamnya. Sehingga dapat di pastikan pada saat salah satunya ada yang bermasalah akan menimbulkan ponsel tidak bisa bekerja dengan semestinya.

Terdapat banyak hardware didalam sebuah di dalam mesin Handphone Oppo, seperti berbagai jenis IC , dioda dan komponen lainya. Semuanya bersinergi menjadi sebuah perangkat komunikasi.

Itu semua dari sektor hardware,hanya saja di sini perlu di kerucut lagi.

Software merupakan sebuah perangkat lunak (yang tak ada bentuk fisiknya) yang terdapat pada sebuah Handphone. Keberadaanya sangat penting, menjadi sebuah instruksi kerja yang berhubungan erat dengan hardware.

Perangkat lunak yang ada pada smartphone bisa di bagi menjadi dua, pertama aplikasi dan kedua sistem operasi.

Ketika Sistem Operasi ( OS ) di Hp Oppo kalian sudah bermasalah, ini akan menjadi kendala. Seperti hp mentok logo, masuk recovery mode otomatis, system error, Bootloop , lag, fitur tidak berfungsi dan lain sebagainya. 

Memang cukup sulit untuk menebak secara spesifik kerusakan software. Berbeda dengan hardware.


Berikut merupakan bagaimana cara mengatasi hp Oppo stuck recovery mode:

1. Hard Reset.

Mereset ulang ponsel ke setelan pabrik ialah salah satu upaya yang dapat kita gunakan untuk mengatasi stuck recovery mode.

Mereset ulang memperbaiki dari sisi software , semua permasalahan piranti lunak yang menyebabkan sistem gagal booting akan di kembalikan ke pengaturan pabrik.

Nah, disinilah pentingnya recovery mode. Kamu bisa Wipe data perangkat langsung dari halaman tersebut.


Cara reset oppo:

Setalah handphone ada pada Mode Recovery, silahkan gunakan tombol volume atas / volume bawah untuk memilih itu merupakan navigasi.

Klik dan pilih ke Wipe data, kemudian untuk OK pilih menggunakan tombol power.

Setelah itu, masukan pola / password yang kamu gunakan pada perangkat tersebut.

Lalu pilih "Wipe data & Chace" , tap yes untuk konfirmasi.

Tunggu proses reset selesai. Setelah selesai arahkan ke "Reboot" , smartphone akan mati dan menyala kembali.

Jika berhasil perangkat akan meminta Anda untuk melakukan setelan dasar , silahkan ikuti instruksinya hingga selesai.


2. Flash ulang Oppo

Cara kedua dengan cara flashing. Ada dua cara flash Oppo Smartphone , yang pertama menggunakan PC dan kedua melalui menu recovery.

Sebelum flash ulang ,silahkan download ColorOS sesuai dengan tipe hp Oppo kamu. Setelah itu simpan firmware ke sdcard , dan masukan ke smartphone yang akan di flash. 

Tahap berikutnya ke tutorial flash Oppo.

Berikut caranya, 

Yang pertama silahkan matikan perangkat ,dan nyalakan kembali masuk ke recovery mode Oppo.

Kemudian, arahkan ke install form 



Kemudian install form SD, arahkan ke file firmware yang telah kamu download.

Tunggu proses flashing update firmware selsai. 

Setelah selesai, arahkan ke "Reboot" , dan pilih memakai tombol power.

Selesai, jika berhasil ponsel akan mulai ulang sepeti smartphone baru.


3. Perbaiki komponen hardware

Jika semua langkah perbaikan software di atas telah di lakukan namun tidak membuahkan hasil ,maka kemungkinan terakhir adalah ponsel mengalami kerusakan komponen.

Ini cukup teknis, mengharuskan membongkar dan mengecek komponen yang berkaitan dengan booting.

Untuk teknik ini sebaiknya di serahkan pada ahlinya. Kamu bisa membawa ke tempat service atau konter yang menerima jasa perbaikan.

Atau Service center Oppo Smartphone terdekat.


Akhir Kata :

Demikianlah artikel bbspec kali ini tentang Cara mengatasi stuck Recovery Mode pada Handphone OPPO, Penyebabnya Ada dua kemungkinan yakni mengalami masalah pada perangkat lunak atau pada perangkat keras. Mengatasinya, dengan mereset ulang ponsel, flash , dan perbaikan komponen. Semoga bermanfaat.

Silakan Kalian coba cara diatas dari step-ke-step, dan apabila Sobat masih bingung dengan senang hati bisa tanyakan dikolom komentar. 

bbspec sarankan jika kalian memang takut menyebabkan kerusakan yang lebih besar pada HP OPPO kalian, lebih baik langsung sajah bawa ke teknisi terdekat. Dengan begitu bakalan lebih aman. Selamat mencoba kawan! semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan kalian.

Baca juga artikel : Oppo A37 A37f Atasi Lupa Pola, Kunci pin Layar, Bootloop, Brick, FRP, Mengatasi Memori penuh di Hp OPPO Semua Type, Dan Cara Atasi Hp Xiaomi Restart Terus dan Penyebabnya

Baca Juga

Comments

Popular posts from this blog

AUTOLOADER BLACKBERRY OS 10 (FIRMWARE BB Z10, Z3, Q10, Q5)

Cara Aktifkan Whatsapp di Blackberry Os10 (BB Z10, Z3 and Z30)

CARA FLASHING BLACKBERRY OS 10 - 100% BERHASIL

CARA MUDAH INSTAL PLAY STORE DI BLACKBERRY OS10

CARA ATASI LUPA PASSWORD LAYAR KUNCI PADA BLACKBERRY

ATASI SINYAL BLACKBERRY HILANG, LEMAH, MAUPUN SOS

ATASI LAMPU HIJAU BLACKBERRY NYALA TRUS